Saturday, May 9, 2009

Seru di Pekanbaru

Day 1, January 24, 2008, Bajaj@Pekanbaru
Pesawat Garuda yang saya naiki landingnya enggak bagus,gubrak,, roda pesawat menhempas landasan airport ,,busjeeet…Sampai di airport tidak terlalu sulit karena saya langsung dijemput Airport Repnya hotel yang sangat ramah.welcome to Aston, beruntungnya saya di upgrade.
Melihat lihat kota pekanbaru, pikiran saya melayang ke kota Batam,,mmmh kurang lebih sama yah karena tanah melayu ini jenis tanahnya sama, Perjalanan saya menyusuri Jalan Sudirman…rapi, bersih ya,,jauh deh sama Jakarta,,udah kayak Singapore aja deh bersihnya ( kata si mbak ,eh uni kota ini udah dapet adipura yang ke 4 kalinya,,,pantes aja) enggak berasa dari dalam hati saya bilang,,say aku cinta padamu,,,,( cinta pekanbaru maksudnya,,hehehhehe males nggak sih kata katanya),
Dalam satu hari saya sudah mengitari 2 mal besar yaitu MAL SKA dan Mal Ciputra Seraya,,,yah standar banget ya ( secara saya juga udah bosen dengan mal) tapi what to do ,,belum paham benar sambil lihat lihat pemandangan kota, pulang dari Ciputra saya sempat kaget karena saya lihat Bajaj bukan Bajuri nongkrong dengan indahnya di pinggir,,ya udah saya naik aja bajaj kembali ke jalan sudirman,,,oh ternyata bukan Jakarta aja yang punya bajaj
Malamnya kita bertiga makan sate padang dan bandrek susu( loh dikirain bandung aja yang punya)

Tips: Naik taxi oke, sekali jalan/ drop harganya berkisar Rp.25.000, pokoknya pinter nawar deh karena enggak ada yang argo.Bottom farenya Rp. 15.000, kalo angkot saya belum tau, ,,pssst bajay juga boleh tuh tapi either taxi atau bajaj kelipatan 15, 20,25,30,35,40an…ojeque ada tapi nggak sebanyak taxi dan angkot

Day 2, January 25, 2008, Mie atau spagethi?
Saya jalan agak siangan, coba cari tahu mal di depan hotel Aston namanya Mal PekanBaru, ah,,sama aja dengan yang lain,cuman karena suasana mau imlek aja kiri kanan serba dipasang ornamen Gong Xi, saya coba makan di senapelan plaza, ada food court dibawahnya, saya pesan paket dendeng, pake condimentnya,muanteppppp ,,maknyus deh, teh manisnya juga pekat,enggak coklat bening kayak ditempat makan umumnya
Saya langsung rekomendasikan itu ke 2 teman saya yang masih di hotel, dan merekapun datang dan melahap, komennya sama,,bener,,enak murah dan mantep,,makan makanan padang disini emang enak deh
Malamnya saya coba makan mie goreng yang terkenal lokasinya di belakang hotel Aston, enak juga ( dalam hati saya komen,, ini nasi goreng apa spaggethi ya,,kok gede bener) dan lucunya teman saya pesan teh campur telor ayam, mula mula saya jijik dan eneg lihatnya tapi ternyata diiris jeruk nipis bisa ngilangin anyirnya,katanya sih khasiatnya bagus buat seger kalo cape..rasanya kayak minum mocca gitu
Kenalan saya suggest kalau mau dari Dumai bisa ke PortKlang, Malaysia naik ferry,,cuman saya fakir kalau cuman 2 hari tanggung, sayang bayar fiskalnya,enggak seru

Tips: melirik tempat makanan enggak usah dari bagus tidaknya tempat makan, tapi lihat yang pengunjungnya banyak, kaki lima boleh tapi kalau sepi mendingan tunda dulu kalau bisa milih yang ramai
(kaki seribu hehehheh) udah pasti,,asoy

Day 3, January 26, 2008, oleh oleh pekanbaru: Gantungan kunci Malaysia????
Sabtu ini rencana saya mau ke Padang atau Bukittinggi, tapi akhirnya enggak jadi soalnya takes time 4-6 hours by land saya mau explore aja PekanBaru, akhirnya saya siang hari muterin A to Z Pasar Bawah,,kenapa namanya mesti di bawah ya, padahal Cuma satu basement ( nggak penting juga dicari tau ya), Pasar Bawah ini menjual barang barang local dan import dengan harga yang miring, ,,mmm gampang banget ni boongin temen, kaos Malaysia, gantungan kunci 5 biji Rp. 35.000 dan beberapa barang product Malaysia banyak banget dijual, makanan dan minuman juga banyak,,dan harganya bagus banget mulai dari Rp. 11.000. alhasil yang tadinya mikir oleh oleh lempo, kue bangkit etc deh yang berbau riau nyaris enggak saya tengok, termasuk kue kue khas , saya brorong makanan minuman dari Singapore dan Malaysia, teh tarik sachet atau cracker atau susu dan coklat Cadbury yang sudah pasti kadaluwarsanya masih 2009 atau 2010, mau beli gantungan kunci Malaysia, rasanya kok kebangetan ya hehehehe ( aturan dibales, ganti tulisan malaysianya jadi pekanbaru,,nyaho deh dijiplak balik)
Malamnya saya memutuskan untuk cari jajanan aja, mau soto padang tapi saya lebih tertarik beli martabak duren keju yang saya lihat satu stall dan cukup ngantre, saya langsung pesan 1, waw mantaf,,,enak banget, cuman Rp. 16.000 durian 3/4nya spread dengan parutan chesse alamak can not tahan already, saya sempet dikasi cicip martabak jagung kaleng manis,,mmm lumayan

Day 4, January 27, 2008 Tu,,wa,,ga,,,Sunday freshair
Pagi pagi selepas breakfast saya jalan menuju mesjid an-nur,,ada apa gerangan? Mm ternyata mesjid ini luas, maunya kayak mesjid shah alam, tapi ada yang menarik dari tempat ini karena lapangan olah raga, jogging tracknya luaaaaaaaaaaaas banget, saya nggak mau menyia nyiakan ini jalan dan lari kecil mengitari track, mengitari track sambil menghirup udara sedalam dalamnya, sekalian stock buat di Jakarta yang udah banyak polusi heheheh emang bisa ya…
Selesai itu saya jalan kaki dan lihat kiri kanan, udara masih sejuk jadi saya memutuskan ingin lihat sungai SIAK, katanya sungai paling dalam di Indonesia,,entah siapa yang udah pernah ngukur, tapi lebih kecil dari ChaoPraya sih,,, katanya kalau mau ke batam naik speedboat juga bisa dari sini,, 6 jam gitu loh, no thanks its too long, ada yang bikin saya shock, tempat yang saya kunjungi sehari sebelumnnya yaitu pasar wisata PekanBaru terbakar, padahal 2 jam sebelum kebakaran terjadi saya belanja belanja,,my god,,say tahu beritanya juga di TV.

Day 5-6, January 28-29, 2008 , Naik angkot= masuk Stadium=Driver apa DJ…ampuuuunnnn, matiin lampunya dunks
Pagi saya mulai menyantap kue kemojo, bentuknya kayak kembang, direkomen orang, saya ambil rasa pandan banana,, mmmm anyep aja buat saya nggak enak, lebih enak roti riau roti kering dengan taburan kacang almond dan vanilla/susu, mirip kayak roti bagelan atau roti senapelan,,wah saya suka ini walau harganya agak mahal ( porsi 10 roti Rp. 45.000 atau isi 5 Rp. 28.000, enggak kalah dari itu ada juga roti senapelan, roti kering juga tapi bukan bagelan, lebih padat dan manis enak banget, saya langsung melahap dan sisanya saya take away, o ya yang saya perhatikan cukup banyak roti disini dan untuk harga diatas Rp. 5000, oke lah besar dan bikin kenyang.
Kenyang dengan roti rotian saya iseng jalan di Plaza Sukaramai , saya makan sate padang manteppp rasanya seporsi cuman Rp.11.000 tapi puas banget dan jangan salah hiburan musiknya ampuun Dijeh
Enggak itu aja, kalo kita naik angkot wuihhh mantafff ,ankotnya standar, speakernya gede, segede atau malah lebih gede dari bangkuna, dibawah tempat duduk pake lampu disko, ada yang kayak akuarium dengan hiasan lampu didalam, mobil mobilan dan kalo perlu ikan ( hehheh lebay deh)
Saya mengitari jalanan kota yang bersih banget, melihat lihat gedung gedung dengan arsitektur melayu yang khas,, lucu juga, Cuma kebanyakan makan makanan daerah agak agak bikin saya rindu masakan thai, disana ada restaurant Golden Thai, bisa saya rekomendasikan buat yang ingin makan thai sekelas restaurant bagus.

Angkot disini clubbing enggak siang enggak malam, ada yang pake lampu,,yang bikin geli musiknya dong disko kota,,,lagunya letto, dewi dewi atau yang slow sekalipun jadi disko,,,nah yang bikin gue nggak bisa komen saat ada DJnya komen ( bener bener dari tempat clubbing daerah yang direkam ke CD) alamak tareek banggg.Malam terakhir saya makan soto padang baroda di pasar buah dan jalan belanja ( lagi) oleh oleh di pasar buah

Kota PekanBaru cukup bagus, tapi ya itu itu aja,,enggak banyak cerita seru yang saya bisa share selain wisata kuliner dan gaya orang orangnya ( ya itu tadi,,,diskotik berjalan alias angkot….ajep ajep ajep ajep..salahkah akuuu..bila ku harus…ajep ajep..ajep..(busjettttt) dan prodak Malaysia Singapore yang bikin saya exiting karena dijual murah ( bayangkan aja ada satu makanan singapore yang saya beli di Mustafa Singapore harganya SGD 1, 30 disini dijual dengan harga Rp. 5.700 aja loh,,lebih murah, katanya LapTop juga ada yang jual dengan harga miring di sekitar Pasar Bawah ( black market tentunya)

Well..karena 6 hari saya tinggal di kota kecil, enggak banyak yang bisa saya lakuin, selain mengitari kota dan saya lihat pekanbaru cukup modern dan perkembangannya bagus, secara banyak expatriate jepang, korea dan bule satu pesawat dengan saya (mungkin juga mereka dari oil company di duri), ini menandakan bahwa kota ini cukup berpotensi dalam hal pembangunan ekonomi ( wuiiih gaya bahasanya nggak kuat jreeeng)

Ok lah, segitu aja cerita yang ,,,lumayan deeeeh, mudah mudahan dalam waktu dekat ini saya ada kesempatan buat jalan lagi entah itu ke daerah lain didalam atau luar