Saturday, May 9, 2009

Bandung Local Food Street Adventure

Bandung Local Food Street adventure, Bandung nu beda euy !!!!!

January 05, 2008
Engga perlu saya tulis ke blog kalau yang diceritain Paris Pan Java, Paskal,BIP, Rumah Mode, Istana, BSM atau Ciwalk, pasti komennya basi ( ngga penting banget kan, tapi kalau cerita jalan dan berpetualang cari makanan pinggir jalan khas Bandung tentu yang agak beda).

Wilujeung Sumping Kang
Sampai di Bandung saya langsung cari makanan lokal, ya perjalanan sekarang saya mau tutup mata dengan Mal dan restaurant .Tiba di Bandung jam 11 pagi saya langsung cari Kupat Tahu Bandung ( engga ada deh di Jakarta, ketupat pake tauge dan tahu kuning yg digoreng panas, pake bumbu kacang, kecap manis dan bawang serta krupuk,,mmmm panas yummy), minumnya teh kampung yang anget, lalu saya bergegas ke Cisangkuy cari yoghurt yang terkenal itu macam macam rasanya, lokasinya di belakang Gedung sate.
Kenyang? Ya iyalahhh.saya jalan ke daerah Merdeka, tempat dimana masih banyak gedung gedung lama, senang aja jalan menelusuri Braga ( ceritanya Orchardnya Bandung jaman baheula) sampai akhirnya ketemu Jalan Asia Afrika, sentuhan belanda art deco masih berasa di sini, sayang rasanya kalau suatu saat dibongkar, mudah mudahan enggak ya.di Cikapundung saya jalan sampai daerah Banceuy, dulunya sih bekas penjara terbukti bekas pos penjagaannya masih ada, daerah ini penuh dengan jualan elektronik dan buku buku bekas.kalau malam ada satu warung nasi yang queue-nya gila gilaan, sampe saya berfikir apaan tuh, kayak mau beli tiket aja,,tapi ternyata sory deh buat saya tasteless, cuman makan doang rasanya datar banget, masih mending warteg Warmo tebet deh
In the Dark ..(alias malem, bukan lagunya Tiesto loh)
Malam saya mulai dengan makan khas sunda prasmanan di daerah Setiabudi , porsinya enggak banyak ditambah satu dua serabi ( yang orginal deh enggak usah aneh aneh,,serabi pake gincu ( gula merah) serabi enhaii sepanjang Jalan Dr.Setiabudi dan meluncur ke Dago dan makan jagung bakar sepanjang Jalan Ir H Juanda plus susu jahe yang bikin anget badan, kalau jaman dulu tempat ini dikenal dengan nama Lets Go ( lewat seputar dago..yah lintas melawainya gitu,,jadul beuneur).Sebenernya saya pengen Bangun subuh lihat pasar di Bandung dan cari cari breakfast tapi secara udah rada rada ngantuk, pengen sih ke AMARE, tapi tidur kayaknya yu Mareee

JANUARY 06, 2008
Paginya saya jalan di sepanjang sersan Bajuri sampai UNAI di daerah Parongpong Cisarua,,oh my god, that was so cool, can you imagine if all the time you have to wear jacket, suhunya sih sekitar 20 derajat, tapi dinginya minta ampun, sepanjang jalan banyak banget orang jual macam macam bunga dan tanaman saya yakin tempat tersebut bakal padat,( kalau masih cari cari aksesnya sepanjang Sapulidi atau the Peak, belok kiri dari terminal Ledeng, sebelum arah lembang Bandung atas, ada pagoda (atau kuil??)mirip di Bangkok yang saya yakini ini satu satunya di bandung yg saya lihat,
Hari masih pagi tapi saya kesana khan enggak beli tanaman atau ke the Peak, akhirnya saya turun lagi, sempat lihat pasar kaget di depan Gasibu (GEDUNG SATE)( kayak Senayan minggu pagi deh) semua jualan tumpah ruah dan seperti halnya orang Indonesia, bubar acara yang ada sampah yang bukan lagi tanggung jawab pedagang. Please deh
Saya makan Bakso dan es campur ( psst minum es sesudah makan yg berlemak bahaya loh,,tapi kali ini cuek aja deh), Bakso bandung enak banget selain karena pangsit, kuah , ceker atau tahu yang jadi salah satu pelengkap,

Saya putar haluan ke daerah stasiun Kereta api, banyak penjual sate dan gule yang udah bandung pisan rasanya, Sekadar info aja Pasar Baru Bandung dan Tamim ok juga buat jadi tempat hunting karena mereka yang produksi baju sendiri, harganya dijamin miring.
Di daerah kepatihan, saya langsung menuju salah satu toko kueh (pake H loh) yang establish sejak lama namanya Sidodadi, ini dari jaman baheula memang tetap eksis, dan seluruh keluarga saya maih saja betah beli disitu karena memang sudah khas banget enaknya roti baheula( sorry , Im not saying that Bread Talk , JCo or Le Gourmet is not as tasty as this) tapi kita jenuh banget ya makan di tempat tempat yang udah terlalu biasa ada di tiap Mal di Jakarta. Saya agak kecewa karena Roti Frans yang saya sudah tunggu tunggu habis ludes, akhirnya saya beli kue kue kecil untuk dibawa pulang

Kemudian saya cari Batagor Bandung ( tetep beda aja sama di Jakarta) kali ini saya pesan 1 porsi Batagor Kuah panas( dengan potongan bawang, seledri dan wortel yang diiris kecil kecil) dan saya kalap pesan lagi alias nambah ½ porsi Batagor kering.Lokasinya persis di depan pintu masuk Yogya Kepatihan.pokonya kalau di Bandung mah enggak perlu cari tempat makan yang tempatnya bagus, cukup di kaki lima tapi yang banyak orang ngantreee, itu pasti endang menggelinjang hehehheheh
Perut udah kenyang dan emang enggak boleh berlebihan juga, tapi saya cukup puas dengan makan makan di pinggir jalan ( no SapuLidi, no Atmosphere)dan bawa beberapa jajanan bandung yang enggak biasa, o ya satu lagi kepikiran enggak buat beli krupuk yang dijual di tukang bakso atau pasar, cobain deh, enggak seperti yang kita temuin yang biasa)
Akhirnya Minggu January 06, 2008 jam 5 sore saya balik lagi ke Jakarta. Hatur Nuhun Aa dan Teteh.Adios Amigos Parantos Ah

Food Street
1.Batagor Kuah/ Kering
2.Mie Bakso ceker / Yamien
3.Kupat Tahu Bandung
4.Kupat Tahu Singaparna
5.Mie kocok
6.Bakso Cuankie
7.Lotek Mentah /Matang
8.Es campur Bandung yang khas
9.Nasi kukus
10.Awug ( dari tepung beras ,manis rasanya)
11.rupuk Gurilem
12.Cimol / Cilok / Cireng
13.Pisang Keju
14.Molen
15.Bala bala ( kata lain untuk Bakwan)
16.Colenak (di cocol enak)
17.Serabi
18.Tutug Oncom ( nasi dengan oncom bakar)

Itu baru sebagian loh, lainnya masih banyak ( belum lagi makanan baru lainnya) ,siapa tahu diatas bisa jadi inspirasi buat oleh oleh, masak molen, kripik tempe, oncom, pisang sale, pisang molen dan brownies melulu,

No comments:

Post a Comment