Saturday, May 9, 2009

Englishman

Obrolan tentang ENGLISH MAN ( or BRITISH)..psst cowok kok nyulam seh
November 27, 2008
Siang itu saya dijamu hangat dengan segelas teh susu dan beberapa biscuit dan keripik kentang oleh Mr.Frank dan Mrs.Ann. Karena tidak ada lagi yang harus saya kerjakan udara siang itu dingin sekali,sekitar 5 degree, saya duduk di island bar membaca majalah majalah kesukaan mereka Home & Gardens, sementara mereka makan siang dengan keju, biscuit dan apel (my god…I cant follow their style for lunch, really..walaupun kadang iya juga).Mrs.ann memberi komentar,,we’re having big meal by evening (dinner time), I use to cook around 17.00 hours oggi,,hmmm pantesan, tapi apa iya sih kuat makan besarnya sehari sekali sementara lunchnya cuman cheese dan biscuits…..mmmh jadi inget kalo di Jakarta bisa dua sendok,,heheh sendok semen maksudnya
Pembicaraan seru mulai dibuka saat saya mengomentari anyaman usang yang dia pajang didinding tahun jebot..its so disguisting to see that dirty things hanging in the wall,,dalam hati saya, ternyata itu bukan sembarang sulaman, yang nyulam itu ternyata cowok, dia bikin buat mama atau istrinya, weleh,,,rata rata yang bikin pernak pernik ( termasuk hiasan bergambar bunga adalah cowok cowok yang ikut perang dunia 2 dulu) mmmmmhhh ….jadi kerjaan tentara itu di kamp menyulam,,,menjahit..nah itu dia gw baru tauuuu
Saya mulai bertanya Tanya, ingin tau mengenai England, wales, Scotland dan Ireland…si papih aka Mr.Frank mulai membuka cerita kalau dia itu numpang lahir aja di Scotland tapi dia kecil sampai menjadi dokter di Nothern Ireland, so dia lebih prefer disebut IRISH, sama halnya dengan istrinya Mrs. ANN , dia IRISH asli,,,nah pertanyaan selanjutnya sama enggak sih British, Irish, Cornish, SCotish, Welsh..sama Depoksh hehheheeh…
IRELAND,Ireland, mata uangnya udah EURO, bukan poundsterling, sementara ibu kotanya Dublin.orang orangnya yang disebut Irish memang keberatan sekali bila disebut BRITISH,, No,we don’t like being called by british, that’s totally different. Karakter orang2 sini lebih bagus, lebih ramah dan sabar,mungkin identik dengan jawa atau sunda kali yeee
NORTHERN IRELAND,Irish bagian eropa UK, ( kalo kita lihat passport UK merah tertulis United kingdom and northern Ireland) menggunakan poundsterling sebagai mata uangnya juga, dengan ibu kotanya BELFAST, Northern Ireland merupakan pemisahannya Ireland ( yah kata lainnya …Irlandia mungkin kaya east timor ya), karakteristiknya pun kurang lebih sama,,dialek inggrisnyapun khas irlandia (jadi inget grup band The Coors)
SCOTLAND,Ujung atas UK,dengan karakteristik yang lebih sedikit temperamen,dan termasuk tempat yang paling dingin di wilayah united kingdom, dialeknya lebih bulat,,,kalo ngomong don’t do that terdengar (dhoun,th dhu dhatth) itu yang saya tahu, tentunya Scotland lebih punya cirri khas sendiri dengan rok cheerleader yang dipake cowok. Dan alat musik yang tradisional serta motif kotak kotaknya yang enggak ada duanya. Kita mengenalnya dengan sebutan Scotish, menurut Mr.Frank, English yang proper adalah English yang biasa digunakan orang2 scotland dan Ireland, yaitu English yang jelas dan sopan kata katanya
WALES,Prince of welsh alias mas Charles ( tentunya bukan hutagalung) dan almarhumah bu Diana berasal dari sini ( ya iyalah, masa ya I yayuk), juga penyanyi seksi kesayangan saya Duffy.Banyak yang enggak terlalu di explore soal wales,selain Negara paling kecil , wales dinilai paling enggak macem macem dan exclusive, mungkin tepatnya ini Njogjanya UK kali ya
ENGLAND,English yang berkuasa, English yang popular dan English yang disukai walau banyak juga yang membenci. Ternyata engga semua Negara suka disebut british,,,,nah loh???? Selama ini apa kata dunia? Semuanya bilang british ,,british,,padahal mulai dari IRISH, SCOTISH, WELSH bahkan bagian dari Negara England yaitu Cornwall, a,k,a Cornish mereka keberatan disebut BRITISH,,,,tepatnya ENGLISH
Saya mulai menilik nilik perbedaan cara bicara, kalau Cornwall mengklaim dirinya bahas inggris asli,,saya teringat dengan Malayalam di INDIA,,they speak very ( or too fast) kayak kumur kumur…jadi inget yel yelnya acara ulfa dwiyanti,,ngerumpi di Mal. ryyybhjasjsb abjherkjkjl. Hajkhxsakjhask ….ok? no problem? (cape dehhhh)
Saya sendiri udah mulai bisa ngebedain style dan dialek bahasa English dari beberapa Negara bagian di UK, bukan karena menyimak omongan mereka saja, tapi acara acara TV selain BBC juga sangat membantu saya untuk lebih NGEH dengan dialek bahasa, senang juga rasanya bisa tau beda dialek,,,saya pun sudah bisa mengklaim bahasa inggris saya dialek sunda( tarik mang…….pull out mank)
Kita mulai banyak bertukar pikiran, dari mulai dia cerita mengenai English , dan ada juga “inggris fanatic” BNP.yang bisa nunjukin muke benci terhadap pendatang, dengan sebutan kasar PAKI,,yah di London , birmigham ,machester saja populasinya sudah di dominasi orang2 India, Afrika,Arab,,mungkin kita tengok ke daerah glodok,,ratusan penduduk asli dari Negara China sudah pada punya KTP local,, tapi mereka ngga ngerti bahasa, dan mereka bisa kerja, Cuma yah kan kalo kita nggak ngeh sih kita enggak bisa bedain, tapi kalau di UK,,bule sama pa’le ya jelas beda donk..
Mrs.ann mulai cerita tentang bagaimana pemerintah inggris dianggap belagu sehingga bangsa lain merasa keberatan disebut british, kalau kita otomastis ditanya yah pastinya Indonesian,,bukan Sundanesse, kita lebih bangga dengan nasionalis kita tentunya.Tapi kalau boleh kasi jempol Negara Negara jajahan inggris seperti Malaysia, Hongkong china sedikit lebih beruntung karena inggris selain menjajah tapi mendidik juga.
Saya sempat singgung juga mengenai batik karena beliau memiliki sarung bantal kursi batik, dia jawab its printing from one of Britain designer,,it may from Greece,,ya ampun,,di INDON banyak yang jauh lebih bagus,,nanti saya kasi deh,,kebetulan saya punya batik warnanya hitam ada motif daunnya hijau yang lumayan bagus dan sizenya lebar,, tapi nggak mungkin dong saya kasi ke Mr.Frank,enggak enak aja rasanya.Dia tahunya SARONG khas Malaysia,,hmmm don’t tell me its from Malaysia ya,,Gajah Duduk,AlJamili, Dua Kelapa, atau merk AL toyib juga ada
Seperti biasa, Mr Frank mulai ngungkit2 masalah islam, apalagi ada bom meletus di Mumbai.saya sih jawab santai aja,,dan waktu Mrs.Ann cerewet ke Mr.Frank,,dia bilang.Oggy as muslim man become boss right not like here, sambil ngedipin mata maksudnya nyindir Mrs.ann,,saya bilang aja ..Not Boss, but leader, boss and leader is difference kaleeee, saya senyum senyum aja,,kadang lucu ngelihat mereka, sangat cocok,Mr Franknya gila banget sabar abis sementara Mrs.ann sedikit cerewet tapi tetep romantic..darling, don’t bother oggy with religious question,,he can become defensive, dengan sedikit tinggi,,,si Mr Frank jawab, No my dear….hmmmmm rasanya seneng banget lihat mereka,, walaupun kesel tapi tetep mengahrgai satu sama lain dengan panggilan sayang, trenyuh juga dengernya
Mr Frank berbaik hati meminjamkan saya landline telpon untuk bikin janji wawancara visa schengen ke Italian Embassy, sayang waktunya enggak match, too early, as I have time by beginning of January 09.I need to try again in next 1-2 weeks.
Engga kerasa segelas teh habis dan biskuit M&S terus saya kunyah sampai kenyang hahahhaahha nyambi..Mr.Frank mengantarkan saya kembali ke rumah,,seru juga ngobrolnya nih, bertukar pikiran.Saya banyak belajar dari orang, bertukar pikiran lebih nancep kayaknya ketimbang sekadar baca.buat saya
Tags:

No comments:

Post a Comment