Monday, May 11, 2009

Beautiful sunday Market

BEAUTIFUL SUNDAY MARKET (berburu Barang bekas)

Sunday Market bukanlah hal yang aneh, hampir ditiap kota dan tiap Negara selalu ada Sunday market, tapi bagaimana dengan Sunday Market barang bekas alias 2nd hand?.

Di Indonesia, kita lebih mengenal barang bekas yang dijual di pasar Mayestik, baju baju bekas pasar Senen ataupun BARBEK Bandung, tapi kenapa hanya kalangan tertentu saja yang mau beli dan mencari barang barang disana?

Pertama karena melihat ratusan baju baju bekas yang enggak jelas juntrungannya kadang bikin kita ilfeel duluan apalagi kalau lewat rak rak yang ada di seputar Otista Bandung, tapi coba kalau dipajang di tempat yang rapih dan bersih, mungkin orang ngga akan sungkan buat meliriknya. Kedua karena harga factory outlet yang miring membuat orang menjadi pilihan untuk mendapatkan baju bermerk dengan harga miring walau at the end,,tetep saja kelihatan mana yang bermerk maupun biasa saja

Di UK, banyak sekali charity shop yang menjual barang bekas, atau jualan via internet di www.ebay.co.uk, semua kalangan tidak perlu malu dan ragu untuk melihat lihat baju bekas yang dijual atau bahkan pernak pernik, so, charity shop istilah lainnya belanja murah sambil beramal..padahal sih emang cari yang murah dan bekas.

Sunday 10th may 2009, saya sengaja mendatangi Sunday market yang cukup dekat dengan wilayah saya ,nama daerahnya Chingford, sebenarnya tidak terlalu dekat karena itu di suburb alias pinggiran kota, sekitar setengah jam dari tempat saya.

Perjalanan dengan bus double decker menikmati perjalanan ke suburb sungguh menyenangkan karena saya berasa kembali ke alam, menikmati perbukitan dan rumah rumah khas inggris lama, danau yang cukup indah dan beberapa boat dan sailing serta peternakan biri biri seperti dongeng, jadi mengingatkan saya di Cornwall, teman saya bilang inspirasi dari cerita Enid Blyton yang terkenal dengan lima sekawannya.

Sudnay Market berada ditengah Camp dimana daerahnya agak berbukit, sungguh luar biasa pagi itu, cuaca cukup panas namun angina mengalahkan panasnya, dari bagian ujung kita bisa melihat pemandangan danau dan langit yang cerah dengan sekumpulan awan awan yang indah,seperti lukisan

Hmmm..boleh jujur saya piker ini Sunday market apa parker mobil? Ternyata mereka menggelar dagangan bekasnya dirumput bertikar atau di mobilnya,,,saya masuk kedalam dan dengan membayar 20pence (setara Rp.3200), saya mulai melirik,,apa apan nih ini semua rubbish rasanya,,bayangkan kaset kaset yang kita lihat di pasar minggu yang dijual Cuma Rp. 5000, atau piring sendok jadul atau novel dan buku,sepatu bekas dan mainan anak bekas,,dalam hati saya,,tunggu mungkin saya bakal menemukan sesuatu yang menarik, saya jalan terus sambil memperhatikan A to Z yang dijual mulai dari barang nggak penting sampe TV besar ternyata ada, istilahnya apa yang udah nggak kita butuhkan lagi kita jual aja …jadi ya semua ada.
Setelah mengelilingi dua kali saya berniat pulang, tapi tunggu ,,,ternyata saya iseng melihat lihat pajangan baju,,saya pikir ini penjualnya kelihatannya punya selera ( haha ngebaca orang yang kelihatan sedikit posh)…saya mulai melirik,,,ternyata benar ada jaket NEXT yang saya tahu dengan model itu dibutik atau di counternya pasti berkisar £40-60pounds, saya mulai menduga kalau ini dijual dengan harga £10 pounds,,,ternyata hanya £2 (dengan perasaan nggak yakin dalam hati saya R u Kidding selling this chic jacket with that price??), dan saya coba,perfect ukurannya,,,tanpa pikir panjang saya langsung bayar, dan yang lebih bikin shock lagi celana panjang merk NICOLE FARHI yang masih dengan tag-nya (bukan tag yang ditempel atau dibuat buat karena saya cocokan dengan tag kainnya masih dengan tulisan harganya £116 pounds alias hampir Rp.1.700.000 dijual dengan harga £ 3 pounds saja,,saya sih nggak percaya, lih katanya ini baju bekas kok masih ada tag-nya (jangan jangan sisa stock atau palsu. tapi setelah saya lihat materialnya dan modelnya,,ini memang bukan celana buatan garmen MURAHTEX..tapi penjualnya mabok….akhirnya kedua baju tadi saya beli dan saya langsung bergegas meninggalkan tempat sebelum dia berubah pikiran dan menyesali tindakannya ( menjual dengan harga ancurrr) J
Siangnya saya menunggu bus double deckernya, siang itu cukup padat seperti mau ke puncak saya lihat beberapa mobil caravan dan orang berkuda lalu lalang, rasanya penuh dengan sesuatu yang jarang saya temui, sambil memperhatikan hijaunya dedaunan dan kicauan burung burung pikiran saya melayang seperti burung. Tiba tiba saya dikejutkan dengan seorang ibu ibu berkulit hitam mencoba mencari perhatian saya dan orangyang duduk disebelah saya, rupanya sang ibu baru saja membeli mainan bekas seharga 1£ , mainana boneka binatang yang bisa mengikuti suara kita dan suara apapun, heheheh akhirnya kita terlibat pembicaraan ngalor ngidul setengah jam lamanya menunggu bus

Puas rasanya berburu barang bekas itu, saya berfikir kenapa saya enggak pernah nemu hal yang seperti ini di Indonesia, biasanya kita selalu donate barang bekas kita ke saudara dan siapa yang membutuhkan, namun tidak ada salahnya juga kalau kita mensortir barang barang yang bisa dijual agar kita bisa menyiasati jaman yang krisis ini, saya pikir ini ide yang baik agar ada pemasukan tambahan

1 comment:

  1. kunjungan gan .,.
    Menjaga kepercayaan orang lain lebih penting daripada membangunnya.,.
    di tunggu kunjungan balik.na gan.,.

    ReplyDelete