Thursday, September 10, 2009

PARIS EUROTRIP

Day 1.
Pukul 07.30 setelah check in di Victoria station, saya menunggu sekitar 15 menit untuk siap berangkat menuju Paris, pagi ini coach tempat duduk tidak terlalu penuh, alhasil saya bisa menikmati dua kursi sendiri, Pukul 08.00 coach berangkat dari Victoria, perjalanan cukup menyenangkan dan saya berusaha menikmatinya, tidak terlalu lama tiba di Dover, atau terminal penyebrangan laut antara United Kingdom dan Eropa.Di tempat penyebrangan saya sempat sedikit bingung karena yang saya temui adalah polisi perancis dengan sopannya Bonjour monsieur mademoiselle? mereka rupanya meminta passpor kita untuk dibawa ke imigrasi, selang 10 menit kita menunggu antrian dan akhirnya tiba giliran untuk masuk satu persatu kedalam tunnel yang akan membawa kita ke bawah laut,,wow tentu saja seru karena ini pengalaman pertama bagi saya,Benar saja, coach masuk ke dalam terowongan sempit yang ternyata kereta ,sebagian penumpang ada yang mencoba keluar coach dan berjalan di pinggiran ruangan yang cukup sempit namun kita tidak bisa melihat apapun karena dibawah laut jadi gelap.Kurang lebih setengah jam akhirnya kereta yang membawa kita sampai di Calais dan coach keluar dari kereta dan kemudian melanjutkan perjalanan,Welcome to France,sekilas saya sudah bisa merasakan perbedaan antara Perancis dan UK, selain bahasa dan tulisan yang terpampang di papan petunjuk, saya memperhatikan jalur lalu lintas ataupun tata kotanya, dari Calais menuju kota Paris sekitar 3 jam kalau tidak salah akhirnya jam 15.00 sore sampai juga saya di station Galieni,Paris.Saya tidak terlalu takjub karena Paris diluar dugaaan saya, banyaknya grafitti dan corat coret memberi kesan sedikit tidak terlalu terawat, ada hal yang sempat membuat sedikit senyum ketika saya lihat seorang penjual jagung bakar menggunakan trolley supermarket sebagai temnpat bakar jagung,,ya ampun Lembang pisan euy...saya sempat berjalan jalan di salah satu pertokoannya disana, sampai akhirnya bertemu dengan kawan saya, saya pulang ke apartemennya di daerah St Denis, METRO, merupakan salah satu transportasi bawah tanah yang cukup populer di Paris, namun jauh lebih teratur undergroundnya London, saya dapati kesannya rush dan kurang nyaman, dan kita harus selalu awas supaya tidak salah jalur.Sesampainya di rumah kawan di St Denis dan mandi, saya memulai perjalanan mengeksplorasi Paris, sementara kawan saya kerja saya memulai perjalanan dari OPERA, gedung megah tempat pertunjukan opera dan kesenian eropa lainnya, menelusuri jalanan sampai akhirnya saya sempat sedikit panik di daerah LAFAYETTE, tempat shopping terkenal di Paris dimana banyak sekali shops dan department store, apalagi hari itu hari pertama SOLDES alias SALE, namun saya berusaha tidak tergoda,,,perjalanan holiday saya 3 minggu,,saya harus bisa mengatur keuangan tentunya.Dari arah pertokoan LAFAYETTE, saya jalan kaki menuju D'Louvre, dimana terdapat museum Monalisa, dan Pyramid, konon pyramid ini adalah kanang kenangan dari pemimpin negara terakhir agar dirinya bisa selalu dikenang, daerah Louvre ini menurut saya sangat eropa,,dan amazed, cafe cafe khas paris dan ukiran ukiran serta bangunan kunonya membuat mata saya betah berlama lama, apalagi di dalam kompleks Pyramid, ada beberapa pengamen dengan membawa Cello, wah suasana sangat berasa.Saya sempat menikmati kompleks pyramid yang sangat luas , beberapa kali saya mengambil gambar dan video, saya enggak tahu berapa hektar luasnya namun ini memang menjadi salah satu icon kota ini.Setelah berpuas menikmati keindahan Louvres dan Pyramid saya sebenernya ingin langsung menikmati menara Eiffel, namun karena sunsetnya sangat sempurna saya ingin menghabiskan waktu sore dengan berjalan kaki saja tidak menggunakan Metro walaupun saya sudah beli 3 days pass.Saya lupa nama jembatannya apa diatas sungai yang melintas namun saya begitu amaze dengan banyaknya orang orang yang nongkrong piknik di atas jembatan ,sempat saya lirik rata rata mereka hanya membawa cheese, biscuits, fruits atau sandwich....heheheh kalau kita sih pastinya sudah repot kayak orang mau jualan Saya sempat senyum senyum sendiri ikut merasakan apa yang sebagian turis rasakan, pemandangan sunset dengan suasana sungai dimana banyak lalu lalang kapal pesiar kecil / restoran apung bahkan ada salah satu kapal dengan musik dan pestanya dimana semua pengunjungnya memakai pakaian serba putih,, wah keren sekali.Perjalanan saya teruskan ke museum ( national ) mungkin dan beberapa gedung terkenal lainnya, karena ada sekitar 3 gedung besar yang saya lewati ,saya berjalan sesuka hati tanpa peta karena saya mengikuti patokannya eiffel tower, di salah satu gedung pemerintahan sempat saya perhatikan beberapa butler dengan seragam servicenya tampak elegan dan memberi kesan bahwa mereka sedang melayani tamu mahalTidak terasa waktu menunjukan pukul 21.00 saya sudah tiba di eiffel tower, lucunya karena lampu kelap kelipnya dinyalakan pukul 21.00 seperti menyambut kedatangan saya LOL...heheheheh saya sempat terkesima dengan kelap kelip lampu dari menara eiffel..Eiffel Im in laugh..jadi inget foto ayah saya dengan latar belakang menara eiffel,,saya sempat bergumam,,,saya ingin juga ada disini, :), disebrangnya eiffel sepanjang sungai banyak sekali perahu perahu pesiar dengan restaurantnya dan musik musik berirama kencang,waduh rasanya mereka sangat menikmati sekali,Dari segala arah saya berusaha mengambil gambar dan video menara Eiffel ,benar benar di eksplore selama setengah jam disana dan saya sambil ngaso karena cukup lelah namun puas jalan.Sebelum janjian dengan kawan saya di station Metro Gard Du Nord , saya pulang melewati Trocadero, tempat paling sempurna mengambil gambar eiffel, karena waktu itu sudah malam jadi saya tidak mau terlalu lama disanaSaya pulang dan tidak terasa sudah menujukan lebih dari jam 00.00 malam

DAY 2.
MOULIN ROGUE
Seharusnya siang ini saya dan kawan sholat jumat di Mesjid Paris, namun karena kesiangan akhirnya kita malah ke Katedral Notredam, hehehe. melihat keindahan katedral yang cukup terkenal di paris itu, my god siang itu tumplek tumpah ruah semua orang kesana, padahal saya tidak terlalu takhub dengan bangunan kunonya. setelah eksplor katedral Notredam, perjalanan selanjutnya mengunjungi gedung pertunjukan yang terkenal lewat penyanyi Christina Aguilera ~Moulin Rogue~, ,,,gedungnya memang cukup unik dan bagus namun tidak terlalu besar dibanding namanya, sempat ngaso dan ngopi di coffe shop terdekat di Pigalle, sepanjang jalan saya menemukan sex shop dan daerah daerah XXX seperti halnya Soho, London namun tidak terlalu banyak jumlahnya, Saya dan kawan berjalan ke atas menuju ke arah bukit ya tepatnya kita menuju ke katedral Sagre (maaf lupa lagi namanya), luar biasa pemandangnnya semua paris terlihat dari atas bukit ini dan katedral dan hanya satu gedung tinggi yang modern di paris yang terlihat.Ke atas bukit kita bisa jalan kaki atau naik kereta gantung (kereta nanjak tepatnya), puas dari sana, saya lihat beberapa toko souvenir paris dan souvenir yang saya cari yang paling praktis adalah bendera kecil dan harganya cukup murah.Perjalanan kita dilanjutkan dengan metro menuju avenue saint (sansyelize),,sekali lagi maaf saya sempat cari cari di city map yang saya bawa tapi saya lupa penulisan bahasa yang benarnya, arch yang cukup besar dan megah jadi icon paris juga , saya dan kawan sempat jalan di kawasan yang cukup elit dan jalannya sangat lebar disitu juga terdapat salah satu toko Louis Vuitton terbesar (ngga ngaruh sih).Perjalanan selanjutnya adalah daerah Soho Londonnya paris, dimana banyak sekali pub dan clubbing serta club khusunya, cukup lama muter2 sampai akhirnya saya berada di musium teknologi yang cukup canggih padahal gedung itu dibangun kurang lebih sama dengan hotel Indonesia dibangun.Puas, letih seharian menjelajah Paris akhirnya saya dan kawan menyewa sepeda, dengan membayar debit dan cukup murah saya berkeliling kota, taman dengan menggunakan sepeda tersebut, saya sangat menikmati perjalanannya karena memang udaranya cukup pansa dan menjelang matahari terbenam, saya melewati Louvres kembali dan menyusuri daerah daerah terkenal lainnya, sampai enggak terasa sudah jam 22.00 malamSaya pulang kembali ke St Denis, lelah tapi saya sangat puas. Hari berikutnya sebenarnya ada carnaval yang dipimpin oleh artis Liza Minelli, itu kata kawan saya, namun saya harus melanjutkan perjalanan ke negara kedua yaitu Barcelona, SPAINSaya akan kembali 3 minggu lagi ke Paris untuk ikut menikmati national day dan eiffel fire worksnya :)